Kamis, 28 Januari 2016

Bahaya HIV AIDS Bagi Remaja



Bahaya HIV AIDS Bagi Remaja
            HIV atau Human Immunodficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih, sehingga dapat merusak system kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.

            Sedangkan AIDS merupakan singkatan dari Acquired Imunne Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembangbiakan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Penyebab dari penyakit AIDS adalah adanya infeksi virus HIV.
            Penyakit ini dapat menular seperti gaya hidup yang sering bergonta-ganti pasangan (seks bebas) terutama dengan penderita Odha (Orang dengan HIV AIDS), Transfusi darah yang  mengandung virus HIV, Melalui alat suntik, akupuntur, tato, alat tindik, pisau cukur yang sudah di pakai orang yang mengidap virus AIDS (alat yang digunakan tidak steril), Hubungan pranatal yaitu pemindahan virus dari ibu hamil yang mengidap virus AIDS kepada janin yang dikandungnya, Melalui air susu ibu/ ASI yang diminum, Melalui darah yang terinfeksi virus HIV dan mengenai kulit yang terluka.
Tingkat perkembangan virus HIV/AIDS di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Dari seluruh Negara di Asia, negeri kita yang tergolong paling cepat. Tiap tahunnya terjadi peningkatan penyebaran virus mematikan ini. Setiap tahun jumlah kasus baru HIV/AIDS menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah HIV/AIDS di Indonesia sampai akhir 1996, terdapat 449 kasus dengan 341 HIV dan 108 AIDS, terdapat di 16 provinsi di Indonesia. Wanita yang terkena sebanyak 122 orang, WNI sebanyak 304 orang, Heteroseksual 276 orang, homoseks dan biseks 84 orang, drag user 4 orang, perinatal 1 dan 80 tidak diketahui cara tranmisinya. Pengidap HIV-AIDS terbesar di Indonesia saat ini berusia 15-29 tahun. Sampai Maret 2010, secara akumulatif kasus AIDS di Indonesia mencapai 20.564 kasus, 561 kasus di antaranya adalah kasus baru.

Jadi, Bahaya HIV AIDS bukan hanya terjadi pada kalangan orang dewasa, bahkan para remaja awalpun dapat terkena. Jika generasi muda kita saja sudah rusak, siapa yang akan memimpin negeri kita tercinta kelak?. Sudah jadi tanggung jawab kita bersama untuk menanggulangi penyakit ini bukan hanya pemerintah. Hindari gaya hidup bebas, hindari narkoba, berfikirlah jernih dan sehat, dan orang dewasa wajib menanamkan pendidikan seks sejak usia dini.  Mudah-mudahan
di masa mendatang Indonesia bebas HIV AIDS!.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Follow Us